20/09/13

PPSSPP - The Best PSP Emulator


PPSSPP merupakan salah satu emulator PSP yang multi platform. Hampir sama dengan PCSP, emulator PPSSPP dibuat menggunakan bahasa C++. PPSSPP dapat menjalankan game PSP di PC dalam resolusi full HD termasuk pada platform Android. Emulator ini dapat mengatur ukuran tampilan game yang dikehendaki user. Keunggulan lain dari emulator PSP ini yaitu dapat menyimpan dan me-load game dimanapun sebagaimana save state pada emulator PS1 ePSXe.

PPSSPP tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi, tetapi lebih tinggi spesifikasinya tentunya akan lebih baik, yang penting GPU (VGA) nya mendukung OpenGL 2.0.

Download PPSSPP terbaru di halaman resminya di sini.
Cara menggunakan save game file bisa dilihat di sini.
Game-game yang kompatibel dengan emulator ini bisa dicek di sini.
Untuk gamenya silahkan cari sendiri di sini.

Pengaturan kontrol navigasi di PPSSPP terdapat pada Game Settings > Controls > Control Mapping

Jika PPSSPP tidak dapat dijalankan, maka anda harus mendownload VC2010 redist terlebih dahulu. Download VC2010 redist di sini.

Anda dapat menggunakan save data yang didownload dari suatu situs dan menimpanya (overwrite) save game yang sudah sebelumnya.

Default bahasa yang digunakan pada emulator PPSSPP ini yaitu bahasa inggris. Anda dapat mengubah bahasanya menjadi bahasa Indonesia pada Game Settings > System > System Language > Indonesia.

Mudah kan?
Selamat mencoba. :)

Screenshots


141 komentar:

  1. Balasan
    1. emulator xbox 360 dan ps3 gak ada gan, kl pun ada itu abal-abal :v

      Hapus
    2. ok,kalo emulator ps vita ada gak?

      Hapus
    3. coba ini, ntah bisa ntah enggak

      Hapus
  2. cara pakai joystick usb ,cara ny gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengaturan kontrol navigasi di PPSSPP terdapat pada game settings > controls > control mapping

      Hapus
    2. gak bisa, pas mau setting mapping, joystiknya gak ngaruh. pdhal udh d pencet2

      Hapus
  3. Ad juga emulator psp yg gk make Java :D
    Sayangnya gk bisa maen Birth By Sleep

    BalasHapus
    Balasan
    1. tungguin aja updatenya, mdh" smakin byk game" psp yg kompatibel dg emulator ini :D

      Hapus
    2. Edit: gw coba versi builds lebih lancar dari versi 0.9.1. Tapi sering random crash XD(KH:BBS sudah bisa :v)

      Hapus
  4. gan,kenapa emulatornya blank screen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba berikan masalahnya dengan detail.
      Specnya ap, isonya ap, versinya jg, dll.

      Hapus
    2. pastikan GPU (VGA) nya mendukung OpenGL 2.0.
      kl iso y iso game psp lah gan

      Hapus
    3. pastikan jg isonya compatible ato nggak. cek aj di official websitenya.

      Hapus
  5. Gan klo cara cheat code nya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di youtube ada kok gan cara cheatnya

      Hapus
    2. gan gimana cara cheat ppsspp 0.9.6 gw dah coba ikutin cara dari youtube tapi gk bisa

      Hapus
  6. Kalo i3 GMA ram 4Gb bsa gak gan?

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. blank screen gan pas mau load game harvest moon boy and girl

      Hapus
  8. harvest moon boy and girl memang blum bisa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane dah coba kok HM boy and girl dan hasilnya bisa :D

      Hapus
  9. OpenGL 2.0 download dimana ?
    download di situs resmi ny bingung , ad alternative link download lain ny , sy pki intel pentium

    BalasHapus
  10. tapi kok masih ngelag ngelag ya? kdg2 gambarnya kesemutan,tolong share settingan yg bagus dong.makasih gan

    BalasHapus
  11. @anonim1: itu bawaan dr driver vganya gan :cmiiw

    @anonim2: specsny pc ente mgkn gan, prlu di upgrade :)

    BalasHapus
  12. BAng Ane Pakek PPSSPP Kok lAyar Nya Black Sreen??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh Ya Bang Waktu Play Harvest Moon Boy And Girl Waktu Milih Boy Dan Girl Semua Ane Pilih Kok Ada Tulisannya Loading Terus Black Sreen Langsung

      Hapus
    2. coba ubah rendering modenya yg ada di game settings.

      biasanya gk ada mslh kl baru install dan play iso gamenya

      Hapus
    3. Udah Bisa Bang TY Ada Lagi Ane Kan Download Def Jam Terus Habis Tulisan Kok Langsung Black Screen

      Hapus
    4. kl blackscreen biasanya karena game tsb blum kompatibel dg emulatornya, tunggu aj update terbaru dr ppssppnya

      Hapus
    5. Tpi DI Youtube Koq Bisa?? Apa Kalo Compressed SalaH

      Hapus
  13. Gan ini pke maen BRS : the game jalan gak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung Settingannya Ama EMU

      Hapus
    2. gan mau nanya nih kalu PC nya pas main emu PCSX bisa , apa bisa ngedukung buat main emu PPSSPP

      Hapus
  14. Gan ini kok ane pas maen Fifa Street 2.cso kok App Crash Terus Ane Download PPSSPP nya Agan eh gk support OpenGL 2.0 Cara Bikin PC kita Support OpenGL Gmana Gan??

    BalasHapus
  15. Kalo Cari ISO Nih Kunjungi Blog Ane Numpang Ya Kakak Batercus Link:http://muslich-aqw.blogspot.com/2013/11/psp-isos-full-list.html

    BalasHapus
  16. Bang Batercus config Ama Emu Paling Bagus Buat Game Berat APa AJa Please

    BalasHapus
    Balasan
    1. config ama emu?
      tergantung emulator apa yg dipake, beda emulator beda configuration, kl specsnya tinggi, pake configuration default aja

      Hapus
    2. lht di sini

      klik game yg mau dimainkan, ntar ada review dari member"nya

      Hapus
  17. Bang ane mau nanya, ane pake ppsspp ver 0.7 mau download yg ver 0.95 nih. apa game yg sebelumnya kehapus? mslhnya game ane udh jauh nih HM Hero of Leaf Valley nya. maaf newbie. thks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. versi yg 0.7 gk usah dihapus, download aja 0.95, trus mainkan gamenya di 0.95 lalu save game yg baru, stelah selesai exit. kemudian 'copy and replace' folder memstick yg ada di 0.7 ke folder 0.95

      Hapus
  18. berkunjung sob.....sekaligus download emulator psp

    BalasHapus
  19. Gan. Pas main tapi next tempat malah lag gk jalan . Cara bnrinnya gman ya gan ?

    BalasHapus
  20. Gan. Pas main tapi next tempat malah lag gk jalan . Cara bnrinnya gman ya gan ?

    BalasHapus
  21. @ahmad: sip

    @anonim: cek kompatibilitas game yang anda mainkan di sini

    BalasHapus
  22. jon gw abiz dunlot emulatornya, tpi pas gw buka koq bsa the program cant start because XINPUT1_3.dll is missing from your compuer. try reinstalling the program to fis this problem
    tolong pencerahannya

    maklum msih newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. download ini lalu extract lalu file xinput1_3.dll nya copy ke C:/windows/system32

      Hapus
  23. jon, gw udh dunlod yg ente sarankan, tbuka mmang emunya tpi langsung k tutup sndiri close program

    tolong dbntu lgi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl pake windows 64bit, taruh jg file tsb di sini: in C:\Windows\SysWOW64\
      lalu restart

      kl gk bs jg emg mslh di windowsnya itu, install ulang aja, atau coba di PC lain

      Hapus
  24. ''mendukung OpenGL
    2.0.''

    gan supaya tahu yg diatas, gimana cara ngecek pc nya ya?

    BalasHapus
  25. gan .. ane kmaren tu maen ppsspp pakek usb joystik bisa .. trus ane coba maen pkek stik ps3 + motioninjoy (aplikasi) pas maen ppsspp usb stik ane gak kedek lg .. gak bisa grak2 lg .. ada solusi ?? ane dah unistall aplikasi motioninjoy nya ttep gk ngaruh lg .. apess jd gk bsa maen psp pkek stik lg

    BalasHapus
  26. gan di ane kok, waktu jalanin gamenya cuma item doang
    tapi FPSnya jalan sekitar 30an, layar PPSSPPnya cuma item -_-

    apa yg salah ya? spek PC ane kah yg kurang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mainkan game lain, kmungkinan game yg ente mainkn itu blum kompatibel ke ppssppnya

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. kan ane bikin nama gan tapi ga bisa buat nama menggunakan huruf kapital
    caranya gimana gan supaya bisa buat nama menggunakan huruf kapital

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja gan, ane gk smpat nyoba..

      Hapus
  29. gan tau cara ngcheat ga ?

    BalasHapus
  30. Gan ane maen god eater kok layarnya "Silau" bgt ya , kaya brightness nya dimentokin aj ? settingan apa nya tuh yg harus di ubah ?
    sama kalo pke PPSSPP bisa masukin DLC ga ?

    BalasHapus
  31. gan cara pindahin savean ppsspp orang ke ppsspp kita gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. copy aja game data dan save file nya

      Hapus
  32. Gan, ane kan udah maen pakek joystick lancar jaya, tapi entah kenapa skarang joystick ane ga konek ama emu nya,
    Padahal buat maen PES masih bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bantuannya gan

      Hapus
    2. coba reinstall ppssppnya gan..

      Hapus
  33. gaan, kenapa pas ane baru mau main selalu close program T_T

    BalasHapus
  34. kalo ngeganti bahasa gamenya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di settingnya ada tuh, download dr situs resminya trus install versi terbaru, default bahasanya english kok

      Hapus
  35. saya sudah download ppsspp dan saya berahsil memaikan game Harvest_Moon_Hero_of_Leaf_Valley_USA_PSP-PSPKiNG tapi saat saya mencoba game ini Genso_Suikoden_Tsumugareshi_Hyakunen_no_Toki_JPN_PSP-PLAYASiA tidak bisa.. cuma masuk sampai gambar KONAMI terus item terus, kenapa ya?
    oh ya versi ppsspp saya v0.9.6.2
    thanks

    BalasHapus
  36. Gan Tolong Bantuiin ane gan:
    Ketika Saya mau coba PPSSPP saya udah instal vcdistx86 (bahasa pemrogramannya) tapi gak mau tulisannya can't find msvcp100.dll trus saya reinstal vcdistx86 nya (bahasa pemrogramannya) tetap tulisannya can't find msvcp100.dll
    Saya Replace secara manual gan msvcp100.dll caranya saya liat di google
    trus saya coba lagi gan tulisannya muncul malah the application was unable to start correctly (0xc000007b)
    apakah agan2, bisa membantu saya?

    thnks ya jika agan membacanya

    BalasHapus
  37. gan, mnta bntuannya dong gan bwt nih psp di laptop ane. ane udah download emunya gan. isonya jga gan (dynasty warrior strikeforce) n nih iso playable gan wktu ane cek di blog ente gan. GPU juga support gan open gl 2.0, vcredist jga udh nginstal. tpi wktu hbis ngeloading nih game, kok has stopped working gan. mhon bntuannya yak gan. please.

    BalasHapus
  38. @kamiya: donwload msvcp100.dll nya di sini lalu extract dan paste file msvcp100.dllnya ke C:\Windows\System32

    kl pake windows 64bit pastekan juga ke C:\Windows\SysWOW64\

    @Dwi: cb reinstall versi terbaru trus 'run as administrator'

    BalasHapus
  39. Gan, numpang nanya emulator android psp ane klo mau nge save kadang suka gagal trus kluar, trus ane mau save state juga kgk , kenape ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake emulator ppsspp jg kan gan?
      kl iya coba pake versi yg paling baru..

      Hapus
  40. Gan, ane pake ppsspp v 0.9.6 nih..
    cara enable cheat'a mungkin ad yg tau?
    coz beda ama versi" sebelum'a..
    n g muncul folder cheat..

    mohon pencerahan..

    BalasHapus
  41. gan kalo ngcheat harvestmoon boy and girl bisa?

    BalasHapus
  42. @rizZ: ane blum coba yg baru itu gan -_-

    @farhaneka: pake cwcheat ane rasa bisa tuh

    BalasHapus
  43. Gabung gan...
    Mo nanya gan...heheh
    Ane pasang ppsspp di BlackBerry 10, ser q5...udah sering maen bbrpa game..lancar...tapi akhir2 ini mau msk game..br bbrpa menit jalan aplikasi close sendiri...ada solusi gan? thanks b4

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. gan emulatornya gak mau jalan gmna nih???
    openGL driver eror itu harus gmna??

    BalasHapus
  46. Gan Kalo Ada Bacaan Kaya Gini Gimana "Driver Components mis-match. exit the only option"
    Mohon Pencerahannya !

    BalasHapus
  47. @Arifin: coba reinstall gan, ane sih kl BB gk ada jd gk bs coba :D

    @Fredo: brrti vga ente gk support openGL v2 gan..

    @Okazaki: brrarti driver(biasanya vga) gk kompatibel dg ppssppnya gan..

    BalasHapus
  48. Gan mau nanya, pas saya main YU-GI-OH! GX TAG FORCE kok game nya macet di tengah jalan pas mau duel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl itu bs jadi isonya yg bermasalah atau ada bug di emulatornya (maka pake versi yg paling baru),
      baca" jg review gamenya di sini

      Hapus
  49. gan mau tanya nh , emulator 3DS ad ga??

    BalasHapus
  50. bro download game nya ane bingung linknya yg mana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. googling aja trus gan..
      atau cek di emuparadise.me

      Hapus
  51. gan kalo pake iso buat ps2 bisa ga?

    BalasHapus
  52. gan abis download emunya terus di extract apa gimana,apa harus download file lain,kalo mau download game yang apa? ISO?UMD? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. extract aja, ane biasanya pake cso, kl iso kn bisa convert ke cso, kl umd jg bs baca disini: http://www.ppsspp.org/faq.html

      Hapus
  53. gan kalu PC bisa di pake buat PCSX 2 kira kira bisa di pake ngga buat PPSSPP.
    maklum masi newbie

    BalasHapus
  54. gan saya mau tanya cara setting biar full HD gimana ya?

    BalasHapus
  55. gan cara setting ppspp buat bs maen yu gi oh 5d;s tag force 5 biar di story tiap mw pndh map layar blank item, jd ga bs story gmn gan??? klo free duel lancar zZZ

    BalasHapus
  56. gan mau nanya kalo make notebook acer one yang intel atom bisa kagak ya? tapi ram ama vga kayanya mendukung :D

    BalasHapus
  57. Gan ane maen game genso suikoden tsumugareshi hyakun..tpi saat di tempat makn malah diem sm suara nya langsung cpet..kayak macet it gmn gan?

    BalasHapus
  58. @firata: ane kurang tw solusinya kl itu gan, tunggu aj ppsspp versi terbaru.

    @lukman: dicoba aja gan, kn gk masalah kl mencoba :)

    BalasHapus
  59. Gan mau tanya lagi maaf nih newbie soalny bru coba...kn di forum ente bilang random crash gmn tuh cara ngatasinnya...kayakny game yng ane maenin crash deh

    BalasHapus
  60. kl crash bisa jadi isonya yg bermasalah bs jd emulatornya yg bermasalah, solusinya coba pake iso game yg udah kompatibel (sesuai region) atau tunggu emulator versi terbaru

    BalasHapus
  61. Saya bingung gan
    laptop i5
    vga 1gb hd grafik family.
    Ram 4gb
    Tapi stop working melulu padahal gw uda download vcredits.
    Gimana ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh jg kl bgitu, cb pke versi yg pling bru n 'run as administrator'

      Hapus
  62. Gan pas ane maen pes2013 pas masuk ada baca an option file not found. Kenapa ya?

    BalasHapus
  63. Gan pas ane maen pes2013 pas masuk ada baca an option file not found. Kenapa ya?

    BalasHapus
  64. Gan hp androi xperia c pke ppsspp g bisa jalanin game phantasy star portable 2 ya?!

    BalasHapus
  65. gan, ane main game "god of war" udah save data. pas mau main lagi, kok gak bisa load data yang udah di save ya?

    BalasHapus
  66. gan kenapa maen psp lewat android suaranya kok pecah cara ngatasinya gimana gan

    BalasHapus
  67. gan kok yu gi oh gx'a gak bs sich

    BalasHapus
  68. gan kalo layar nya item itu kenapa ea gan ??

    maaf newbi

    BalasHapus
  69. gan kok ane wktu mw install bemasalah terus yya padahal udah install Microsoft Visual C++ 2013 ?

    BalasHapus
  70. gan mau nanya kok,di emulator nya gak ada pilihan load nya ya? emank harus download yg non free ya?

    BalasHapus
  71. mau nanya klo di notebook bisa nggak ?

    BalasHapus
  72. Gan saya mu nanya permaenan pes 2013
    Aga ngehank knp y..

    BalasHapus
  73. gan yang dimaksud GPU (VGA) nya itu yang mana? maaf ni sebelumnya tapi ane emang gak tau

    BalasHapus
  74. Gan, numpang Tanya nih, saya main harvest moon hero of the leaf valley di ppsspp android, pas year 1 fall tanggal 4, Mau keluar rumah kok langsung stop working ppssppnya. Itu Kenapa ya Gan? Mohon pencerahanny :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^
      problemnya sama tapi saya pake di pc bukan android ;(

      Hapus
  75. gan pas jalanin, ppsspp eror di msvcp120.dll , g mna nih ?!

    BalasHapus
  76. bro minta link DL game PSP donk.....ane DL dapetnya yg corupt mulu -_-a

    BalasHapus
  77. Bro , maaf nih masih newbie .. Baru download Gods eater burst ,, trus game minta data pack (DLC) .. Cara masukin DLC ke ppssppnya gimana ? Thanks bro ..

    BalasHapus
  78. Gan misi ane mau tanya,
    kenapa yah ane maen tetep aja lag padahal support Open GL 2.1 gan . mohon pencerahan gan :)
    makasih

    BalasHapus
  79. gan minta settingan buat maen god war ghost of sparta biar suara nya ga kresek2 dong..thank

    BalasHapus
  80. kalo promblemnya di msvcr100.dll gimana min? mohon bantuannya!

    BalasHapus
  81. kok pas main ppsspp joysticknya gak bisa ya???.......padahal dulu bisa.

    BalasHapus
  82. kk kok pas mw jalanin adhoc klw jdi server kok gak bisa? katanya ada yg missing.

    BalasHapus
  83. gan knpa amulator ppsspp buat windouws 7 stiap main mh 3 sllu kluar sndri apa yg slah a gan

    BalasHapus
  84. gan sy mau pake joystick, joysticknya kebaca kalo di pscx 2 tapi kalo pas ngatur di control mapping ppsspp gak bisa, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  85. Gan saya main Kamen Rider chou climax OOO kok black screen terus yaa...?

    BalasHapus
  86. Gan kode cheat tux hm boy and girl apa?
    Bagi link dong. Q uda download cheat file jd cheat.db. nah tnggal kode ny aj yg ga ngerti

    BalasHapus
  87. Gan mau nanya ini kan ane udah extract game HM boy and girl dan bisa di mainin di ppspp tapi pas selesai extract game samurai deeper kyo. Gamenya ilang HM sama samurai deeper kyo. Nah abis itu ane nyoba extract HM nya lagi dan bisa di maenin tapi pas coba ppspp nya di exit trus masuk lagi game HM nya ilangi dan data iso juga ilang. Jadi setiap mau main harus extract ulang. Tolong pencerahanya

    BalasHapus
  88. Gan mau nanya ini kan ane udah extract game HM boy and girl dan bisa di mainin di ppspp tapi pas selesai extract game samurai deeper kyo. Gamenya ilang HM sama samurai deeper kyo. Nah abis itu ane nyoba extract HM nya lagi dan bisa di maenin tapi pas coba ppspp nya di exit trus masuk lagi game HM nya ilangi dan data iso juga ilang. Jadi setiap mau main harus extract ulang. Tolong pencerahanya

    BalasHapus