08/08/13

Tutorial Emulator ePSXe 1.9.0

ePSXe 1.9.0 for windows and linux have been released.
The main changes are:
  1. Many fixes to the core and cdrom decoder (Fixed/improved 30+ games)
  2. More cheat code support
  3. Updated internal SPU plugin
Ok, sekarang kita konfigurasi emulator ePSXe 1.9.0 ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download ePSXe 1.9.0 di sini. Extract ePSXe190.zip. Buka folder ePSXe190. Kemudian klik dua kali pada file ePSXe.exe

2. Pertama kali buka akan otomatis menuju Wizard Guide, kalau tidak maka jalankan wizard guide di menu Config>Wizard Guide. Klik Config >> maka akan muncul error :v

3. Tenang ini karena anda belum punya file bios. Biar cepat download ePSXe 1.7.0 aja dulu di sini. Extract Full Emulator ePSXe.rar lalu buka folder ePSXe. Copy SCPH1001.bin yang ada di dalam folder bios dan paste kan ke dalam folder bios nya ePSXe 1.9.0. Copy juga semua isi file yang ada di dalam folder plugins nya ePSXe 1.7.0 ke dalam folder plugins nya ePSXe 1.9.0. Buka kembali ePSXe 1.9.0, klik menu Config>Wizard Guide. Klik Config dan pilih biosnya lalu klik Next >>

5. Pada Configuring the Video ada beberapa pilihan tergantung jenis VGA kita.
  • Pilih Pete OpenGL jika vga anda Nvidia GeForce cards.
  • Pilih Pete D3D jika vga anda ATI Radeon cards.
  • Jika Graphic cards anda diluar dari Nvidia atau ATI maka anda bisa menggunakan salah satu dari pilihan yang ada.

6. Klik Next >>


7. Klik Next >>

8. Klik Next >> jika anda hanya menggunakan keyboard, tetapi jika anda menggunakan joystick maka klik Controller1 untuk setting pad 1 dan klik Controller 2 untuk setting pad 2.

9. Klik Done

10. Selesai, anda sudah bisa menjalankan game PS1.
11. Cara menggunakannya antara lain:
  • Klik menu File > Run CDROM jika anda menggunakan CD PS1
  • Klik menu File > Run ISO jika anda menggunakan image file game PS1, dapat berupa file bertipe .iso, .img, .nrg, .pbp, dll.
  • Klik menu File > Run BIOS jika anda mau melihat, menghapus, atau memindahkan isi dari memorycard.
Berikut tampilan keypad yang digunakan jika menggunakan keyboard sebagai joystick anda:

12. Cara cheat juga sudah ada terpasang di emulator ini. Klik menu Options > Cheat codes

Caranya lht di sini. Cheat code tersebut dapat dicari di google atau http://hotcheats.com.

Screenshots:




FYI:
  • Tutorial emulator ePSXe versi sebelumnya yaitu versi 1.7.0 dan 1.6.0 bisa dilihat di sini. Cara menggunakan cheat khusus emulator ePSXe bisa dilihat di sini.
  • Tutorial emulator PS1 yang lain seperti PSX v.1.3 (PSXfin) dan PSXeven bisa dilihat di sini. Cara menggunakan cheat khusus emulator PSXfin bisa dilihat di sini.
  • Tutorial cheat atau gameshark untuk semua emulator PS1 bisa dilihat di sini.
  • Versi Androidnya cari di google aja gan, soalnya kl di google play itu berbayar.

103 komentar:

  1. kelebihannya apa gan dari epsxe 180

    BalasHapus
  2. bbrp klebihannya lht disini: http://www.emulation64.com/view/2374/

    BalasHapus
  3. untuk android yg agan maksud berbayar "fpse" atau memang epsxe for android

    BalasHapus
    Balasan
    1. epsxe versi androidnya emang ada, mnurut ane lbh bagus dr fpse

      Hapus
  4. Hi admin,
    I am interested to advertise on your website .
    Your site has good traffic and we can make it possible for you to generate more revenue.
    Apply on http://360advertisement.net/apply/ or contact me for further details at umar@360advertisement.net.

    BalasHapus
  5. Hi admin,
    I am interested to advertise my ad banner on your website.
    Your site has good traffic and I can make it possible for you to increase your income.
    Reply me the following details of your site at keihljosh@gmail.com
    Page Views:
    Daily Traffic:
    Unique Visitors:
    Thanks!

    BalasHapus
  6. gan boleh nanya kaga ??
    gw kan udh mau lancar nih epsx 1.9.0 nya
    yg kendalanya di game isonya kok nga mau play dia ??
    ane udh 2 jam lebih nunggu tapi nga play" gamenya
    mohon bantuan/solusi bang batecus
    ini tentang game brigadine legend of forsena

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake emulator ps1 yg lainnya gan

      Hapus
    2. kaga mau juga gan
      semua emulator gw udh download langsung play sama juga hasilnya
      monoh bantuan bang supaya ane bisa main game ini
      gw suka banget game brigadine ini
      di bali udh kaga ada lagi kasetnya
      mohon solusinya gan
      apa yg harus gw lakuin
      kalo bisa kasi link brigadine legend of forsenanya isonya yg bener gan soalnya di blog nya agan nga ada iso gamenya malah dia ngeblank

      mohon dibantu gan makasi banyak

      Hapus
    3. coba lihat di sini gan
      btw itu blog tiruan gan, blog asli ya cuma di sini :D

      Hapus
    4. oo pantesan aja gan
      gw kalo mau download pasti nyasar ke web yg sesat
      oo ya gan gw lagi 1 mau tanya
      gw kan main pake PSXeven mau launching game nya tapi soundnya kaga mau sekarang
      tapi kalo pake emulator lain malah mau soundnya tapi dia loadingnya kaga mau
      dimananya itu masalahnya gan ??
      pdhal gw udh download semua oatch yg lu saranin itu

      mohon solusi gan
      maaf banyak tanya mulu jadi kaga enak :D

      Hapus
    5. pluginnya aja coba diubah" gan

      Hapus
    6. ane maen brigandine lof pakek emu psxfin lancar2 aj tuh :D

      Hapus
    7. gan..ane udah ikuti petunjuknya..tapi kenapa kaga bisa ya?
      blank..gak mau play game nya..
      ane maen Brigandine LoF cuma bisa di psx 1.80..
      1.70 bisa..tapi pas battle hang..
      any idea?????
      terus sekarang 1.80 nya kaga bisa juga..padahal udah sesuai sama petunjuk agan diatas..

      ada yang bisa bantu biar ane bisa lancar jaya maen Brigandine LoF dengan Joystick?
      ane udah nyoba psx sama psxeven..psxeven bisa open tapi joysticknya kaga bisa..help mee..

      e-mail me ya..
      hernasiabayu@yahoo.co.id
      kebaikan agan" sekalian sangat berarti bagi saya yang membutuhkan :)

      Hapus
  7. Yg cara pakai cheat di menu epsxe 1.9.0 itu gimana ?
    Kasih lihat video ,cara pakai cheat ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak ribet gan, lbh baik pake codebreaker aja langsung

      Hapus
  8. agan gw mau download game digimon world 3 tapi kaga bisa mulu tolong dong kasih webnya biar gw bisa main..

    BalasHapus
  9. gan klo game ChronoCross biar ga patah" suara sama videonya gmna ??

    BalasHapus
  10. gan gue pake epsxe berapa aja ttp lemot ya pas main game isonya, tolong pencerahannya

    BalasHapus
  11. cheta monster rancher ada gak mas bro

    BalasHapus
  12. @Anonim: coba cek konfigurasi epsxe di sini: http://batercus.blogspot.com/2013/05/epsxe-special-configuration.html

    @safira: coba gunakan psxeven atau psx v1.3

    @Anonim2: di codebreaker gan, kl gk ada cari di codetwink.com

    BalasHapus
  13. @bayu: waduh game lof mmg byk masalah utk bbrapa user, coba pake iso game lof yg dr indowebster gan. kl tetap gk bisa gamenya ri run as administrator deh

    @ibnati: di paste??

    BalasHapus
  14. gan kenapa R1 nya ga bisa?

    BalasHapus
  15. gan mau tnya, gw mau main brigandine koq gak bisa di start ya??? mon bantuannya!

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. coba set padnya ke keyboard dlu, lalu coba lg
      kl gk bs coba pake emulator ps1 versi lain

      Hapus
  17. bro aku dah main nih gamenya tapi yg kendala gambarnya patah2 gmn yah gan solusinya biar ngak patah2?

    BalasHapus
  18. @hendi: bisa kok, file>change disc

    @apa: baca ini gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. request dong gan.. mau video cara pake cheat code di option emu nya..

    ane pake epsxe180 sama 190 nih wkwkw..

    anehnya PEC udah gak bisa, tiba-tiba ngilang aja itu plugin entah kenapa jadi gak bisa pake PEC lagi.. .__.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake ini aja gan: http://batercus.blogspot.com/2011/09/code-breaker-gamesharknya-emulator-psx.html

      Hapus
  20. hrusnya kl digamenya sudah minta change disk, maka klik file>change disk>iso trus resume gamenya, tunggu ntar loading sendiri sampe dia selesai,
    ane sih gitu pas main brigandine GE

    BalasHapus
  21. gan , boleh minta iso havestmoon btn versi indo gak ?

    BalasHapus
  22. gan kenapa waktu di wizard guide-config video, ga ada pilihannya gan yg buat ati,ndivia atau yg laen, itu napa ya gan??thanks gan

    BalasHapus
  23. iso harvest moon indo, cari di indowebster

    Pilih Pete OpenGL jika vga anda Nvidia GeForce cards.
    Pilih Pete D3D jika vga anda ATI Radeon cards.

    BalasHapus
  24. om ada info untuk web game - game nya psx? karena game FF7, FF8 & PE2 itu gambarnya cacat pas dimainin ga lengkap gambarnya kaya tv rusak. tolong infonya ya om

    BalasHapus
  25. ce di sini: http://batercus.blogspot.com/2012/02/gudang-console-games.html

    BalasHapus
  26. gan , isonya udah ane donlod , terus game pade nya udah ane set ulang . nah pas lagi maen gak bisa ngapa-ngapain , cuman cengo liatin tulisan press start button doang -_-

    BalasHapus
  27. gan,ane make epsxe 1,8 ,ane udah otak atik settingan config nya,tetap kualitas gambarnya ga memuaskan gan,ada solusi kah? klo untuk ukuran file game2 yang saya mainkan rata2 300mb ++(bukan file compress) tapi ya gtu gan,klo ane paksain settingan fullhigh malah kliatan maksa gan,tlong pncerahannya gan, .. thanks thanks thanks

    BalasHapus
  28. gan maenin brigandine lof di epsxe 1.9 1.8 1.7 sama 1.6 koq ga jalan ya? pas milih karakter lang loading tapi ga maen-maen?

    BalasHapus
  29. agan Battercuss, aku install ePSXe 1.6.0 terus kalo run CD-ROM bisa (pas itu maen pake kaset) terus waktu maen pake run ISO kan aku milih yg formatnya mdf terus ga bisa, terus download lg yg formatnya bin tp jg ga bisa mohon pencerahannya mas battercus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake versi yg terbaru ini gan

      Hapus
  30. Banyak sekali yang mengeluh tidak bisa. Coba kalian membacanya dengan teliti pasti berhasil. Dan saya sudah mencobanya dan benar-benar berhasi. Sehingga saya update postingan langsung di blog saya. Terima kasih mas batercus V sukses selalu

    BalasHapus
  31. Oh iya sebelum terima kasih juga artikel Epsxe 1.90 :) tapi saya sarankan untuk memakai Download Emulator PSX dan terima kasih mas batercus :)

    BalasHapus
  32. ada yang tau cara ngesave gamenya soalnya di save state sama load state ketutup semua,trus acar pakek f1 f2 f3 itu udah di coba tapi malah gag bisa.
    mohon pencerahannya.!

    BalasHapus
  33. Agan,, saya sudah install ePSXe1.9.0 , saya main ( LANCAR ) , cuma, saya liat " Running ePSXe 1.9.0 " ada tulisan ( lupa ), pokoknya tidak bisa save gamenya gan,

    mohon di jawab agan Batercus :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl gk bs save game ke memcard, sementara coba pake save state gan.

      Hapus
    2. yaudah deh gan :)

      ada kode PEC HM BTN yang versi cewe gak? cowo juga ada gak?

      Hapus
    3. cari codenya di google gan..

      Hapus
  34. Gan Saya Mau tanya...,Saya nyari cheat&ISOnya Chrono cross kok kagak Ada ya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. cheat di codebreaker aja atau cari di codetwink.com

      isonya download di emuparadise.me

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Gan cara download brigandine the legend of forsena di sini pakek part 1 - 4 klo udah di download semuanya trus gimana ??? tolong bantuannya

      Hapus
    4. extract part 1 dgn winrar

      Hapus
    5. Cuman Part 1 doang gh sampek yg ke 4

      Hapus
    6. ya, part 2 dst otomatis terextract sendiri

      Hapus
  35. gan numpang tanya setting gamepad yg bukan dualshock gimana settingnya?

    BalasHapus
  36. gan numpang tanya setting gamepad yg bukan dualshock gimana settingnya?

    BalasHapus
  37. gan numpang tanya setting gamepad yg bukan dualshock gimana settingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa aja gan, typenya aja diubah

      Hapus
  38. gan,ane mau maen game digimon world 1 pas loading dah bisa gan,tapi pas mau press start kok gak bisa di start ya??padahal ane pake maen harvest moon ama maen digimon world 3 lancar2 aja gak ada kendala,malah ane mainnya pake joystick.menurut agan gimana solusinya ya??

    BalasHapus
  39. I found your site on Google. Your work is unbelievable. Nice work you did.We are happy to inform you that i can give you good money for your site.We are from advertise company and want to advertise with you.If you are interested please contact me as soon as possible.we can talk in detail. Regards 360 Advertisement official web: http://360adds.com Apply here: reports.360adds.com/signup

    https://www.facebook.com/gift.azib?ref=tn_tnmn

    BalasHapus
  40. Min ePSXenya lancar trus gimana dong?

    BalasHapus
  41. Eh ya mau nanya dong min... Untuk ngecheatnya itu gimana ya?

    BalasHapus
  42. gan mau tanya, aku maen brigandine LoF, hbis pilih negara kok loadingnya lama bgt gan.
    mohon pencerahaannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di emu ps1 versi lainnya gan..

      Hapus
  43. gan ane kan download brigandine isonya...tp pas diextract isinya ada banyak track 01 lah bla bla bla trus gimana tuh cara maininnya di epsxe 1.9.0 ._.a

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan Saya Mau Tanya Bisa Nggak Cheat Nya Menggunakan Cheat Engine

      Hapus
    2. bs, tp caranya ane kurang tw

      Hapus
  45. Gan mau tanya nih, kenapa dipc saya blank item gitu sih ?

    saya udah ikutin caranya tapi kok tetap hitam >.<
    Galau -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake ps1 emulator versi lainnya gan

      Hapus
  46. Gan Saya Mau Request Game Nih Game 3X Treme Soal Nya Itu Game Kesukaan Saya Tolong Ya Gan. Susah Nyari Game Nya Di Goggle

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ISO Gan Game Nya Jangan Yang CD Karena CD Room Gua Rusak,...He heh heh :)

      Hapus
  48. Balasan
    1. Nggak pa pa Gan Sudah Ketemu saya Dapet Cool ROM Downloader Tapi Lama Download Nya Saya Main 2 Jam Cuman Dapet 4 Game,..:D

      Hapus
  49. U are the best bro, very helpful person buat para gamers yg masih amatir dalam hal beginian...
    Thanks berat buat panduan2anya yg teramat sangat bermanfaat bangeeetttt...
    Semoga rexzekinya lancaaar teruuusss, amiinnn... ^_^

    BalasHapus
  50. Gan kalo ane ganti emulator. savean gamenya ke hapus gak gan
    mohon pencerahan

    BalasHapus
  51. gan knpa pas maen gambar epsx nya hilang

    BalasHapus
  52. bang, kenapa pas ane di "configuring the video" nya gak ada pilihan bang, :( :(
    tolong pencerahannya bang..

    BalasHapus
  53. gan kok pas mau change disc pake ISO ga ada respon ya ??
    saya juga udah coba pas maen FF9 saat ga diminta change disc saya paksa change disc tapi ga ada respon game FF9 masih jalan" aja
    itu solusinya gimana ya gan ? mohon pencerahannya makasih

    BalasHapus
  54. bang saya koq kagak bisa run CD-ROM ya? CD-ROM kagak bisa di load
    trus cara cheat gimana ya bang? masih bingung nih
    mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  55. main game brigandine kok pas battle nya macet cuman musik nya doang yg jalan apa ada yang bisa membantu saya pake iso dan ePSX1.5.2 apa harus ganti sama iso yang baru

    BalasHapus
  56. gan tidak ditemukan plugin ini gimana? harus donlod dimana atau ganti emu lain?
    tolong pencerahan nya, maaf baru pertama make beginian soal nya.
    makasih.

    BalasHapus
  57. kurang ngerti cara nya , 1.7.0 nya ntah dimana -_-

    BalasHapus
  58. gan,tolong kasih toturial supaya grafis 2D bagus dan halus.soal nya ane mau main game-game 2D,tapi kasar grafis nya.
    kalo settingan 3D yang bersih,ane udah bisa gan.

    BalasHapus
  59. gan pas ane buka tuh game lewat epsxe nya tiba' layar komputernya hitam gitu... mohon pencerahhan nya...

    BalasHapus