05/12/12

Tutorial Konfigurasi Emulator Dolphin (Wii and GameCube)

New Dolphin v 4.01 di sini.
New Dolphin v 4.01 di sini.
New Dolphin v 4.01 di sini.  

Langkah-langkah konfigurasi emulator dolphin [credit to: setya5785 [Dolphin Emulator] Basic Setup]:
1) Download build terbaru di sini atau Dolphin Download Page | Builds by Daco

2) Extract semua file dalam 1 folder

3) OPTIONAL - buat 1 folder bernama "games" atau "disc image" lalu taruh semua GCM, iso atau GCZ (compressed iso) di folder tersebut

4) Jalankan, ntar tampilan kek gini kira-kira:



5) Klik "Browse" dan pilih ke folder "games" yang dibuat tadi, klik ok



6) Ntar semua game akan di list dalam tampilan utama dolphin [iso/gcm gcube ukuran 1.4 GB, Wi 4.x GB, punay gw kecil2 karena gw pake compressed iso (klik kanan di game pilih compress) ga semua game make penuh 1.4 GB, data2 isi dummy file]:




7) Kemudian jangan lupa lakukan masuk setting, di general setting aktifkan dual core biar lebih ngebut (kalo pake dual core). kemudian pilih2 plugin yang digunakan, terutama display, ada 2 pilihan openGL ama directX.


Untuk melakukan pengaturan tiap plugin, klik aja config, kali mau make enhanced display
8) Jalankan game dengan double judul yang ada di daftar game kamu



Spesifikasi yang dibutuhkan hampir sama dengan PCSX2.

Untuk diskusi lebih lanjur ke thread :
Emulator Wii (Dolphin) + cara buat ISOnya

Cara pairing WiiMote ama PC ada di
http://www.gamexeon.com/forum/emulat...e-your-pc.html

Action Replay, Gecko Codes/Ocarina Codes di Emulator Dolphin [credit to: dista_bagus]

# RFEE01 - FIRE EMBLEM 10 USA - RFEE01.rar
# RK2EEB - TRAUMA CENTER NEW BLOOD - RK2EEB.rar
# RS7J01 - EYESHIELD21 - RS7J01.rar
# RT4EAF - Tales of Symphonia -Dawn of the new world- - RT4EAF.rar
# RTNE41 - Tenchu Shadow Assassins - RTNE41.rar

untuk mengaktifkannya centang Enable Cheats di Dolphin Configuration.
kode2nya dicoba saja sendiri, ada yang bisa & ada yang tidak bisa.
ekstrak file2 diatas ke C:\Dolphin-r5419-x86\User\GameConfig

klo mau membuat,merubah,mengaktifkan kodenya, klik kanan gamenya=>
1.Properties=>GameConfig=>Edit Config
2.Properties=>AR Codes

terserah pilih cara 1 atau cara 2.

contoh mengaktifkan kodenya melalui Edit Config:

$Infinite Special ( 1P:Infinite - COM(2P):0 )
042E2334 000003E8
042E2338 00000000
tinggal ditambah + didepan $
+$Infinite Special ( 1P:Infinite - COM(2P):0 )
042E2334 000003E8
042E2338 00000000

klo menonaktifkan hilangkan tanda + atau melalui menu AR Codes.

# RUYE41 - No More Heroes 2: Desperate Struggle - RUYE41.rar
# STKE08 - TATSUNOKO VS. CAPCOM ULTIMATE ALL-STARS - STKE08.rar

klo mau mencari kodenya Wii, situsnya
www.geckocodes.org

atau ke forumnya jika kodenya tidak ada (daftar dulu)
WiiRd Community - Index

94 komentar:

  1. minimum specnya berapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmpir sama dg pcsx2:
      ram >=2GB DDR3
      vga ati/nvidia >=512MB
      processor amd/intel >=2GHz

      Hapus
    2. gan gw udh segitu,tp masih ngelag :( mohon bantuannya

      Hapus
    3. tunggu postingan terbaru ane nanti ya :)

      Hapus
    4. kk mau tanya nih kalo notebook ASUS x401u series bisa nggak maenin emulator pxsx2?? sorry newbie...

      Hapus
  2. Bang berat gak di kompi gw

    processors : intel core i5 3.10 ghz
    ram : 4 gb ddr3
    vga : nvida ge force 9600 gt/1gb
    os : 32 bit premium
    hdd : 1 tb

    tolong comment y bang kalau gak berat gw mw download ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane rasa bisa krn pas ane main ini lptop ane yg specsnya lbh rendah dr specs ente msih bs kok main tp lelet sih, mgkn kl di tmpt ente bs lbh lancar.

      Hapus
    2. owh bang katanya ini sama dengan spek emulator ps2 gw maen emulator ps2 fps nya mentok 60 terus

      jadi gw maen emulator wii juga mentok kali y hehehe
      comment bang bukan sombong hehehe

      Hapus
    3. owh bang katanya ini sama dengan spek emulator ps2 gw maen emulator ps2 fps nya mentok 60 terus

      jadi gw maen emulator wii juga mentok kali y hehehe
      comment bang bukan sombong hehehe

      Hapus
    4. sip, brrti emg bner kl dh lancar di pcsx2 maka di dolphin udh pasti lncar jg haha

      Hapus
    5. bang misalnya gw maen emulator ps3 atau xbox
      ngakat gak y dengan spek gw di atas

      Hapus
    6. klpun suatu saat ada emulator ps3 atau xbox specs diatas masih jauh dari minimum

      Hapus
    7. udah ada bang emulator ps3 gw liat di blog tetangga

      owh ternyata leg y

      Hapus
    8. emulator ps3 atau xbox yg beredar itu hoax gan, tes aja kl gk percaya, ada yg berupa virus ad jg yg abal" :D

      Hapus
  3. ni bnrn bisa ga gan cs wktu tu ane prnh coba di laptop ane eh lemot

    speck ane prosessor: core 2 duo@2,22ghz ram:2gb os: windows 8 pro vga:mobile intel 4 series express 829mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs sih bs gan, tp lancar atau gknya tergantung dr spesifikasi, ane lht specs anda kurang di vga nya jd kl ntr dicoba kmungkinan besar akn lelet

      Hapus
  4. bang tempat download gamenya dimana y bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyari game nya emg susah gan, rajin" googling lah :v

      Hapus
    2. kalau gam harvestmoon mah ini web nya sagasano.blogspot.com/2012/08/harvest-moon-wonderful-life-gamecube.html

      Hapus
  5. gan setting pad keyboar,mouse donk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh lupa ane, dh lama gk main ini, cek aja di menunya gan, biasanya ad tuh konfig pad pluginnya..

      Hapus
  6. Gan cari game nya yang kecilan ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak susah bro, cari aja di google lah, kata kuncinya "nama game"+"rip"

      Hapus
  7. bisa pake wiimote kw gak sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs tuh, kn byk tutornya di youtube gan

      Hapus
  8. gan cara settingnya biar bisa multiplayer gmn?

    BalasHapus
  9. gan kox ane pke win 8 pas mau maen mlah keluar sendri apane ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba awal main di run as administrator,

      Hapus
  10. carane gmana kan??tlong pencerahanya secara detail,agar tdak mengganti windows 8 q

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba download versi terbaru gan, kl ente pake versi lama bs jadi versi tsb gk kompatibel dg windows 8

      Hapus
  11. linknya mana gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek diatas, kl gk bs cari di google ya

      Hapus
  12. gan kok dolphin ane selaku has ben stopped. gmn bang ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl main di win 7 coba ente run as administrator

      Hapus
  13. Mw nanya nih kalo super mario bros.u link downloadnya mana-ya....
    Ane cari-cari ogah dapat....
    Please...

    BalasHapus
    Balasan
    1. link download yg harus dicari di google gan, ane jg blum dpt :v

      Hapus
  14. Buat nyari game gamecube di, Emuparadise.me bisa puas dah download game2nya hhe share aja ^_^

    BalasHapus
  15. Gan kalau 2gb amd radeon ama icore 5 bisa gk ?

    BalasHapus
  16. @^^: sip bro

    @^: bisa bro, test aja langsung

    BalasHapus
  17. gan kalo buat fire emblem yang path of radiance tau gak game nya ?jelasin dong configurasi nya kalo tau. thanks banget gan infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. blum pernah nyentuh tu game gan -_-
      ente harus config coba" sendiri lah

      Hapus
  18. bang tolong koment , kenapa dholpin emulator di laptop ane gak bisa di bukak ya ?? klu di bukak muncul tulisan "the progam can't start because xinput1_3.dll is missing from your computer" tolong bantuan nya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari digoogle file xinput1_3.dll lalu masukkan di system32

      Hapus
  19. ane udah bisa main, tapi pas game nya udah jalan nggak bisa di pake multi player,, yang joystick 2 tidak ter detek

    kira2 itu knapa ya? apa karena emulatornya atw faktor lain? Mohon pencerahannya
    sblmnya terimakasih :)

    BalasHapus
  20. gan emolator ps2 dengan yang ini lebih berat mana

    BalasHapus
  21. @mas hab: coba diutak atik sendiri aja di settingan joysticknya gan, ane sih blum pernah nyoba 2 player

    @anonim: hampir sama gan, tp lbh berat ini sedikit lah

    BalasHapus
  22. gan ane kok gak lancar ya dengn spek ini
    intel core2
    ram4gb
    nvdia geforce g105m up to q791mb turbocache
    kira2 apa masalahnya gan?
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba konfigurasi lagi gan, cari konfigurasi game yg ente mainkan di youtube

      Hapus
  23. bang cara memainkan oline gmn gan

    BalasHapus
  24. Coba di www.coolrom.com

    BalasHapus
  25. Bang saya kan maen harvest moon awl nah pertamanya ada gambarnya
    pas udah selesai gambarnya tiba tiba fpsnya berhenti trus gak ada gambar lagi (blank)
    itu apa masalahnya ??
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nintendo wii apa pcsx2 gan?
      kl pcsx2 coba ganti gs pluginnya

      Hapus
    2. Ini harvest moon gamecube bang

      Hapus
    3. kl itu ane kurang tw solusinya, coba ente utak atik sendiri aja ya hehe

      Hapus
    4. Ya
      bang ane mau nanya lagi nih kok ane jalanin pcsx2 cuman ada suara gak ada gambar(blank) juga
      itu apa masalahnya bang ??

      Hapus
    5. Saja juga saat main Harvest Moon AWL nya saat malam tiba fps nya suka nge drop tadinya 40 han pas jam 7 sore jadi 5-6 an fps nya, kasih solusinya gan

      Hapus
  26. Bro Cheat'a gada $ nya gmna tuh ?

    +P1 Infinite Meters [Chaosdragon13]
    48000000 803E324C

    jd'a gni , bisa apa engga ?

    BalasHapus
  27. pas gue play game nya, kok tampilan nya gak ada. cuman suaranya aja yg kedengeran.

    BalasHapus
  28. @Anonim: dicoba aja gan

    @rahman: bs jd konfigurasi videonya ada yg salah tuh gan..

    BalasHapus
  29. Duh jd rada takut jg nyoba maen dolphin,grandthourism d pcsx2 j 20-30 fps kdang j dpt 40 fps .,core i3 2.1ghz ram2gb,vga 1gb.,swt

    BalasHapus
  30. Om,,
    waktu saya coba Ngode(Wii),, Kok malah not responding??
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl di 'run as administrator' msih not responding, coba reinstall aplikasinya lalu compatibilitynya ubah ke win xp sp 3

      Hapus
  31. Kalo main harus punya Wiimote ya ?

    BalasHapus
  32. Hai batercus,
    mau nanya, spec saya mampu ato gak?
    Intel core i3-2350M 2.30 ghz (4 CPU), ~2.3 ghz.
    2GB(lupa ddr 2 atau 3)
    Nvidia Geforce 610M dengan 1gb memory.

    BalasHapus
  33. dicoba aja gan, tp konfigurasinya diatur" lah sndiri

    BalasHapus
  34. Makasih gan. Nge test Legend of Zelda: Twilight Princess stabil 30, tapi kadang bisa turun. Ada solusi?

    BalasHapus
  35. gan, klo processor : Intel Pentium, ram : 1 gb ( 756 mb usable ).
    yang harus diperbaiki apanya? tolong reply :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, masih pentium ya gan, vga ente gmn?
      kl nvidia atau ati dg vram 1GB ane rasa dh cukup kok, dan tambahin aja ramnya

      Hapus
  36. gan kalo maen pake dolphin emulator harus punya wiimote ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, pake joystik atau keyboard jg bisa kok

      Hapus
  37. Gan kok LAPTOP gw ngak tahan ya main MH3,Fpsnya cman ber kisar antara 2-6 aj. gw pake emu Dolphin-3.0-win32
    Klo kta temen gw laptop gw tahan..

    nh infonya

    OS; win7 Ulti 64bit
    Processor; AMD E2-1800 APU with RADEON(tm) HD Grafik 2 Cpus, ~ 1.7GHz
    RAM; 4gb


    ap gw salah emu.
    Ato salah Setting Dolphinnya

    Mohon Pencerahannya Gan........#PASRAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. setting dolphinya yg blum pas gan makanya jadi lelet gitu, coba pake settingan yg pas sesuai gamenya, cari aja di google

      Hapus
  38. Gan ane kok error ada tulisan failed to compile pixel shader pas lagi mau jalanin leon di resident evil 4 gamecube tolong pencerahannya gan pleasee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bntar ya gan, bsok ane update post terbaru ttg dolphin :)

      Hapus
  39. gan ni spek laptop ane kira-kira bisa gak ya mainin basara 3 pake emulator dolphin :
    processor: intel core i3 2.10 ghz
    ram : 4gb
    vga : intel HD graphic 3000
    OS : windows 8 pro X64

    BalasHapus
  40. ini bisa gk permainan ps2

    BalasHapus
  41. @khoirul: tunggu ntar desember postingan terbaru ane, specs ente bs kok

    @anonim: ps2 ya pake pcsx2

    BalasHapus
  42. gan bisa gak gamenya itu pake kaset ...??? soalnya kalo download gamenya gede gede banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tunggu postingan terbaru ane

      Hapus
  43. cara masukin game ke emulator Dolphinnya gimana ya gan??

    BalasHapus
  44. udah di browser tapi gamenya gak kliatan...
    gimana tuhh..??

    BalasHapus
  45. sudah coba game cube,dan berjalan dengan sangat lancar,tapi belum coba game wii,males downloadnya filenya besar2,sama kaya ps2,tapi kalau ps2 bisa diisi di toko game,sedangkan ditempat ane ngga ada yang toko games yang punya game gamecube dan wii

    BalasHapus
  46. @yoga: pake versi terbaru aja gan..

    @david: gamecube dan wii emg jrg jual, ya dowload lah gan :D

    BalasHapus
  47. fps nya kok suka turun ? kenapa gan

    BalasHapus
  48. gan kalau spec ane kuat gak gan?
    prosesesor i3 @ 2,13 GHZ
    vga HD graphic
    ram 2gb

    gan kira kira kuat gak yah? kalau ane sih main yang ps2 palingan mentok di 45,komaan
    jawab yah gan mohon pencerahan ane mau maen fatal frame 4 tapi sayang gak ada wii yah maklum gan gak ada modal .hheheheh mohon pencaerahan yah gann !

    BalasHapus
  49. Gan kan saya Maen Harvest Moon A Wonderfull Life pake Dolphin 4.0.2 trus kok lmbat pas malemmnya, kalau ga percaya coba mainin setiap malam tiba kecepatan nya cmn 5 fps. kasih tau gan solusi permasalahannya :(

    BalasHapus
  50. apa sih perbedaan nintendo wii dan nintendo gamecube? tuh soalnya nama emulatornya sama tapi bedanya apa?

    BalasHapus