20/11/12

Tukar-Menukar Memorycard di Emulator PS1 yang Berbeda


Ada tiga emulator PS1 terbaik saat ini antara lain:
  1. PSXfin ( PSX v.1.3 )
  2. ePSXe
  3. PSXeven
Ketiga emulator tersebut memiliki engine/sistem yang berbeda. Akan tetapi memorycard yang digunakan masing-masing emulator berbeda-beda.
  • Emulator PSXfin ( PSX v.1.3 ) menggunakan memorycard dengan filetype: .bin
  • Emulator ePSXe 1.7.0 dan 1.8.0 menggunakan memorycard dengan filetype: .mcr
  • Emulator ePSXe 1.8.0 Android menggunakan memorycard dengan filetype: .mcr
  • Emulator PSXeven v.0.1.9 menggunakan memorycard dengan filetype: .mcd

Terkadang ada game yang jalan di salah satu emulator saja, terkadang juga game tersebut crash saat bermain. Oleh karena itu kita disarankan memiliki ketiga emulator PS1 tersebut agar kita bisa mencoba game tersebut di emulator PS1 yang lainnya. Bagaimana dengan memorycardnya? Apakah memorycard di suatu emulator bisa digunakan di emulator yang lainnya? Jawabannya tentu bisa.

Memorycard PSXfin ( PSX v.1.3 ) dapat saling bertukar dengan memorycardnya ePSXe ( tested by: nemblazz ). Caranya tinggal merubah filetypenya dari memorycard tersebut.

Bagaimana dengan memorycard PSXeven, meskipun belum ane coba, ane rasa sama saja ( kalau error comment aja di post ini :D ), jika kita ingin menggunakan memorycardnya PSXeven di PSXfin atau ePSXe cukup dengan merubah filetype nya sesuai filetype yang disupport emulator tersebut.

Langkah-langkah agar kita dapat dengan bebas merubah filetype atau extension file yaitu:

1. Buka My Computer

2. Klik Organize > Folder and search options

3. Pilih tab View dan uncheck Hide extensions for known file types.

4. Klik OK.

Nah, sekarang anda sudah dapat merubah fileytype/extensions file apa aja dengan mudah. Rename filenya atau klik suatu file yang akan dirubah kemudian tekan F2.

51 komentar:

  1. Yakin tuh cus tinggal ubah ekstensi doang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk psx v.1.3 dn epsxe sudah ditest nemblazz (komentator di blog batercus) :v

      tp utk yg psxeven blum ditest :v

      Hapus
  2. ohhh seperti itu toh tukar menukar memorycard

    BalasHapus
  3. ohhh seperti itu tukar menukarnya

    BalasHapus
  4. gan,kalau savestates ditukar bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blum ane coba, tp kl filetypenya sama kmgknn besar bisa gan.
      dicoba aja deh.

      Hapus
  5. bro kenapa ya ane kan ngesave game di ePSXe 1.8 pas ane Shut down and hidupin lagi file Save ane ilang (gk bisa load game yg tadi di save) knapa ya gan..??? plis ksih tw solusinya ....

    Trmksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngesavenya di memory card atau pake save state gan?

      Hapus
  6. kalo mindahin dari memory card asli dari PS1 ke PC gimana tuh gan caranya?

    BalasHapus
  7. ternyata caranya cukup simpel juga
    trims atas bantuannya

    BalasHapus
  8. Om Batercus kalo mau copy file .mcr pc ke android gmna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang kok, tinggal copy file .mcr nya pc lalu paste kan ke sdcard/epsxe/memcards di android nya.

      Hapus
    2. load di gamenya lh gan, tp pastikan memcardnya sudah terkonfigurasi dh sudah diset ke file memcard yg dituju

      Hapus
    3. iya caranya gmna ? maklum masih newbie

      Hapus
    4. memcardnya taruh di /sdcard/epsxe/memcards
      ntar autodetect atau terdeteksi sendiri memcardsnya
      cara melihat memcardnya y run bios
      cara load game, y buka gamenya trus load

      Hapus
    5. kalo aplikasinya FPse ?

      Hapus
  9. kl FPse filetype memcardnya apa ya?
    ane di android pake epsxe 1.8,
    coba aj ubh eksensi fileny sperti tutor di atas (jgn lupa backup dlu sblum cobacoba :D

    BalasHapus
  10. perdon husteds tinene emulator para psx con archivo game ctr todos charater por favor soy pedir
    muchas gracias

    BalasHapus
  11. ¿no puedo abrir husted web con mi ordenador?

    BalasHapus
  12. Permisi gan(sori pake agan), skrg lagi main suikoden2 pake emu epsx1.7. dapat save data di forum tipenya gme. gmna tu ? kan bacanya yg mcr kan? dah dicoba dilihat dari bios, ternyata di bios file gme save data yg ddwnload dri forum terbaca, trus ane copy ke memcard 1. tpi pas main gamenya, mw load, ga muncul save data tadi. help gan :D

    BalasHapus
  13. om mau nanya nih klo save file psx yg ane maenin di psp truss ane mau maenin tuh save-an di emu gimana ya caranya
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  14. Misi gan, ane main FFTactics di PC pake emu ePSXe, nah saya mau convert memcards yang di PC (ePSXe) ke emu PSX di Andro (Saya make FPSE). apakah bisa dengan cara di atas?

    L.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di android knp gak pake epsxe versi 1.8 aja gan..
      kl pake epsxe 1.8 di android dh pasti bisa tuh..

      kl di fpse ane blum coba, ente coba lh gan :)

      Hapus
  15. permisi kak :)
    mau tanya ? cara memindahkan data memory card game di psxe 1.7.0 ke data psx emulator,gimana? mohon dibantu :)makasih .saya maen game chrono cross ganti disc di psxe 1.7.0 gak mau jalan,mau ngulangi di psx emulator kelamaan -_-

    BalasHapus
  16. coba reinstall emulatornya lalu 'run as administrator'

    BalasHapus
  17. ane main brigadine gan, mau tuker memori dari expsxe 1,6 ke psx v. 1.3

    pas uda mau continue savean ane hilang, ane coba di epsx masi ada padahal datanya ane copy paste aja gan? tolong pencerahanya makasi

    BalasHapus
  18. brrti gk work di psx v 1.3 nya?
    biasanya kl filenamenya dh diganti, isinya ttp sama,

    BalasHapus
  19. bos.. ni saya sudah opy paste memcard dari epse 1,7 ke 1.8 tapi waktu saya buka trus run load game.. kok g ada y bos? kosong smua.. padahal sudah ikut cara di atas bos.. mohon bimbingan.a bos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl dibuka di epsxe 1.9 atau dibuka di psxfin(psx v1.3) bisa gak? dicoba dlu ya

      Hapus
  20. "MEMORY CARD is not formated" ini knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat aja memcard baru,
      emg sblumnya ngapain?

      Hapus
  21. gan, tolong bimbingannya gimana benerin masalah memory is not formatted , thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pcsx2 ya? lht ini: http://www.youtube.com/watch?v=s3w9zl7wA3M

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  23. gan mau nanya, jadi kan saya dulu main di emulator psx di pc, nah kemudian saya mau memindahkan save file dari emulator psx saya ke psp. itu caranya gimana ya? format memory psx saya mcr

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl ke psp yg asli ane kurang tw gan, krn ane gk punya jd gk bs coba :D

      Hapus
  24. bro cara bikin slot memoricard type mcd gimana ya

    BalasHapus
  25. gan, cara mindahin savean epsxe android ke psxe android gmna??

    BalasHapus